Langsung ke konten utama

Jelaskan apa itu peta dan berikan contoh

Peta adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi. Peta bisa disajikan dalam berbagai cara yang berbeda, mulai dari peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer. Istilah peta berasal dari bahasa Yunani mappa yang berarti taplak atau kain penutup meja. Namun secara umum pengertian peta adalah lembaran seluruh atau sebagian permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala tertentu. 

Sebuah peta adalah representasi dua dimensi dari suatu ruang tiga dimensi. Ilmu yang mempelajari pembuatan peta disebut kartografi. Banyak peta mempunyai skala, yang menentukan seberapa besar objek pada peta dalam keadaan yang sebenarnya. Kumpulan dari beberapa peta disebut atlas. Orang yang ahli dalam pembuatan peta di sebut sebagai kartografer, sementara badan pembuatan peta di Indonesia bermacam-macam, antara lain: Bokosurtanal ( Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional), Dinas Topografi dan sebagainya.

Adapun didalam jenis peta, sebagai berikut ini:

1. Berdasarkan isinya
a. Peta Umum
Peta umum adalah peta yang menggambarkan seluruh bentuk kenampakan alam yang ada dipermukaan bumi, baik berupa kenampakan fenomena alam asli (misalnya sungai, lautan, pegunungan dan lain sebagainya) maupun keadaan fenomena budaya yang ada di suatu tempat (seperti jalan kereta, batas wilayah, batas negara, jalan raya dan lain sebagainya). Adapun didalam peta tersebut kemudian dikelompokkan lagi menjadi dalam bentuk tiga jenis, yaitu :

                                   -  Peta Dunia
......................................Peta dunia adalah peta yang menggambarkan bentuk dan letak muka bumi serta wilayah ......................................setiap negara didunia dengan skala tertentu.

                                   - Peta Topografi atau Peta Rupa Bumi
.....................................Peta topografi atau peta rupa bumi adalah peta yang menggambarkanpermukaan bumi .....................................beserta tinggi rendahnya.

                                   - Peta Korografi
.....................................Peta korografi adalah peta yang menggambarkan permukaan bumi, baik sebagian .....................................maupun seluruhnya yang bercorak luas dengan skala kecil.



b. Peta Khusus atau Peta Tematik
Peta khusus atau peta tematik adalah peta yang menggambarkan suatu kenampakan alam tertentu yang ada di permukaan bumi. 
Contohnya adalah peta jalur penerbangan. Adapun didalam peta khusus atau peta tematik terdapat beberapa jenis, antara lain yakni sebagai berikut :

                                - Peta Statistik
..................................Didalam peta statistik kemudian terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu :
                 1.Kualitatif, peta statistik kualitatif adalah peta yang menggambarkan penyebaran ...........................................jenis data tanpa memperhitungkan jumlah data.
                                        2.Kuantitatif, peta statistik kualitatif adalah peta yang menggambarkan penyebaran jenis ...........................................data sekaligus memperhitungkan besaran data.


                                - Peta Dinamik
..................................Peta dinamik adalah peta yang menggambarkan gerakan suatu data yang berupa simbol ..................................garis dan panah.



2. Berdasarkan skalanya
a. Peta skala kadaster atau peta teknik, merupakan peta yang mempunyai skala 1:100 sampai dengan skala 1:5000. Peta ini biasanya digunakan untuk pengukuran tanah.


b. Berskala besar adalah peta yang berskala 1:5000 sampai dengan skala 1:250.000.

c. Berskala sedang, peta ini memiliki skala 1:250.000 sampai dengan skala 1:500.000.

d. Berskala kecil, adalah peta yang berskala sekitar 1:500.000 sampai dengan skala 1:1.000.000.


Bentuk Peta

1. Peta Digital
Peta digital adalah peta yang digambarkan dengan bantuan program aplikasi komputer, dan biasanya peta digital menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG).

2. Peta Timbul (Peta Relief)
Peta timbul atau juga disebut dengan peta Relief adalah peta yang menggambarkan bentuk sebenarnya dari permukaan bumi dan berbentuk Tiga Dimensi (3D).

3. Peta Datar
Peta datar adalah peta yang digambarkan dalam bidang datar seperti kertas, dan biasanya peta datar berbentuk Dua Dimensi (2D).


Komponen-Komponen Peta

1. Judul Peta
Judul peta adalah nama yang diberikan sebagai penunjuk daerah yang digambarkan pada peta.

2. Skala Peta
Skala peta adalah angka perbandingan yang menunjukkan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya dipermukaan bumi.

3. Tanda Orientasi atau Tanda Penunjuk Arah
Tanda orientasi atau disebut juga dengan tanda penunjuk arah adalah sebuah penunjuk arah yang dicatumkan didalam peta yang berfungsi sebagai acuan bagi pembaca peta dalam menentukan arah utara dan arah selatan pada peta.

4. Inset
Inset adalah peta kecil yang disisipkan pada peta utama. Inset biasanya digunakan untuk menunjuk suatu objek peta yang ada pada peta utama dengan perbesaran peta atau bisa juga untuk menunjukkan peta utama dari daerah yang luas.

5. Legenda Peta
Legenda peta adalah daftar simbol-simbol yang memberikan keterangan tentang peta. Biasanya legenda peta di cantumkan tepat di bagian kiri bawah sebuah peta. Adapun simbol peta secara umum dibedakan menjadi empat simbol, sebagai berikut :

                 a. Simbol Garis, adalah simbol pada peta yang digambarkan dalam bentuk garis-garis tertentu

                 b. Simbol Titik, adalah simbol pada peta yang digambarkan dalam bentuk titik

           c. Simbol Warna, adalah simbol pada peta yang digambarkan dalam bentuk warna-warna tertentu, ......................contohnya, seperti warna kuning identik untuk menggambarkan dataran tinggi

                 d. Simbol Wilayah, adalah simbol pada peta yang digambarkan dalam bentuk wilayah-wilayah tertentu, .....................contohnya misal seperti wilayah persawahan, wilayah tambak, dan lain sebagainya


6. Garis Astronomis
Garis astronomis adalah garis pada peta yang menunjukkan koordinat garis lintang dan garis bujur. Adapun pengertian garis lintang adalah garis khayal yang horizontal sejajar dengan garis khatulistiwa, sedangkan pengertian garis bujur adalah garis khayal yang vertikal memanjang dari utara ke selatan.

7. Sumber dan Tahun Pembuatan Peta
Pengertian sumber peta adalah lembaga yang membuat dan mengeluarkan peta. Sedangkan pengertian tahun pembuatan adalah waktu dibuatnya peta, dan juga berfungsi sebagai acuan pemakaian peta, apakah masih layak digunakan atau tidak. Hal ini dikarenakan biasanya batas pemakaian sebuah peta tidak lebih dari 10 tahun.



https://id.wikipedia.org/wiki/Peta
http://www.eventzero.org/pengertian-syarat-manfaat-unsur-dan-jenis-peta/
http://www.materibelajar.id/2016/06/pengertian-jenis-bentuk-komponen-peta.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review jurnal ilmiah tentang data spasial dan atribut

Data Attribut D ata yang mempresentasikan aspek-aspek deskripsi/penjelasan dari suatu fenomena di permukaan bumi dalam bentuk kata-kata, angka, atau tabel.  Data Spasial Data Spasial  merupakan sebuah elemen-elemen yang bisa disimpan dalam bentuk peta/ruang. Elemen-elemen ini dikumpulkan menjadi sebuah lokasi yang dikenali secara unik pada permukaan bumi.  Ada dua metode utama untuk masukan, menyimpan, dan memvisualisasi data yang dipetakan dalam Sistem Informasi Geografis dalam bentuk data spasial yaitu : Mode data vektor dan  Model data raster.  SIG  yang menyimpan fitur-fitur peta dalam format vektor menyimpan titik-titik, garis, dann poligon dengan tingkat akurasi yang tinggi. Seperti yang ada pada aplikasi urbanisasi, dimana batas-batas wilayah legal dan analisa jaringan sangat penting, aplikasi dari Urban SIG meliputi lokasi dan pegelokasian sumber daya kritis Rumah sakit, studi tentang pola makan dan analisa kriminal. Sistem Informasi Geografis Raster, menyim

Jelaskan tentang Database Spasial dan berikan contoh

Sistem Informasi Geografi atau SIG merupakan salah satu sistem geospasial berbasis komputer yang saat ini sangat penting perannya dalam kehidupan. SIG memiliki basis data tertentu sehingga ia dapat berjalan dengan baik.  Basis data SIG adalah kumpulan data yang saling berkaitan yang diperkukan dalam SIG baik itu data spasial maupun non spasial. Basis data didefiniskan sebagai suatu kumpulan file yang memiliki kaitan antara file satu dengan file lain hingga membentuk satu bangunan data yang hasil akhirnya akan menginformasikan sesuatu seperti wilayah, organisasi, perusahaan dan instansi dalam batasan tertentu. Beberapa istilah yang digunakan dalam pengelolaan basis data adalah : 1. Entitas adalah orang, tempat, kejadian atua konsep yang informasinya direkam 2. Atribut (elemen data) adalah sebutan untuk mewakili suatu entitas      contohnya atribut seorang siswa adalah nama, alamat dan umur 3. Nilai data adalah informasi yang disimpan pada tiap data elemen    conto

Review karya Ilmiah tentang Proyeksi UTM

Proyeksi UTM (UNIVERSAL TRANSVERSE MERCATOR) Pemetaan wilayah Indonesia yang terbentang dari 9O_T-141_T dan 12:LU-lS1S harus memperhitungkan pengaruh lengkung bumi. Untuk itu teknik proyeksi peta perlu diterapkan dalam pemetaan wilayah Indonesia tersebut, penelitian ini bertujuan membandingkan beberapa sistem proyeksi peta yang diperkirakan sesuai untuk pemetaan kepulauan Indonesia terutama untuk pemetaan skala kecil (dipilih skala 1 : 20.000.000), misalnya untuk kepentingan atlas. Ada 4 jenis proyeksi peta yang cukup sesuai untuk pemetaan kepulauan indonesia pada skala kecil atau untuk Atlas Nasional berbagai maksud, yaitu Proyeksi Mercator Proyeksi Silinder Plate Carree Proyeksi Silinder Equivalent Lambert Proyeksi Konvensional Sinusoidal yang juga bersifat ekuivalent Proyeksi Azimuthal Equatorial Gnomonis hanya sesuai untuk daerah sempit, misalnya selebar 10° ke kanan dan ke kiri meridian sentral, atau ke arah utara-selatan ekuator sekitar 8°